Jumat, 20 Januari 2012

Kesenian Topeng Di Indonesia

 Topeng adalah benda yang dipakai di atas wajah. Biasanya topeng dipakai untuk mengiringi musik kesenian daerah. Topeng di kesenian daerah umumnya untuk menghormati sesembahan atau memperjelas watak dalam mengiringi kesenian. Bentuk topeng bermacam-macam ada yang menggambarkan watak marah, ada yang menggambarkan lembut, dan adapula yang menggambarkan kebijaksanaan.

Topeng telah menjadi salah satu bentuk ekspresi paling tua yang pernah diciptakan peradaban manusia. Pada sebagian besar masyarakat dunia, topeng memegang peranan penting dalam berbagai sisi kehidupan yang menyimpan nilai-nilai magis dan suci. Ini karena peranan topeng yang besar sebagai simbol-simbol khusus dalam berbagai uparaca dan kegiatan adat yang luhur.
Kehidupan masyarakat modern saat ini menempatkan topeng sebagai salah satu bentuk karya seni tinggi. Tidak hanya karena keindahan estetis yang dimilikinya, tetapi sisi misteri yang tersimpan pada raut wajah topeng tetap mampu memancarkan kekuatan magis yang sulit dijelaskan.
Topeng Di Indonesia
Topeng masuk Indonesia pada sekitar abad ke-17. Secara luas digunakan dalam tari yang menjadi bagian dari upacara adat atau penceritaan kembali cerita-cerita kuno dari para leluhur. Diyakini bahwa topeng berkaitan erat dengan roh-roh leluhur yang dianggap sebagai interpretasi dewa-dewa. Pada beberapa suku, topeng masih menghiasi berbagai kegiatan seni dan adat sehari-hari. Beberapa topeng di Indonesia pun digunakan sebagai hiasan di dalam rumah atau di luar rumah.
Cerita klasik Ramayana yang berkembang sejak ratusan tahun lalu menjadi inspirasi utama dalam penciptaan topeng di Jawa. Topeng-topeng di Jawa dibuat untuk pementasan sendra-tari yang menceritakan kisah-kisah klasik tersebut. Salah satu tokoh dari cerita Ramayana adalah Rama dan Sinta. Rama adalah seorang suami yang berjuang mati-matian untuk menyelamatkan Sinta dari Rahwana. Sementara Sinta adalah istri setia yang berjuang melawan godaan Rahwana untuk menjaga kesucian cintanya.
1.Topeng Dayak
Menurut Sesepuh  Dayak Kendayan Gusik Penes yang tinggal di desa Sidas Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak, Jenis Topeng Dayak Kendayan ada tiga yaitu, topeng buta, topeng ohok, dan topeng kalingkoet.
Kata buta, berarti raja hantu. Jadi topeng buta adalah topeng yang menyerupai wajah raja hantu. Menurut keyakinan orang-orang Dayak, hantu ini tinggal di dalam gua, dan paling ditakuti oleh manusia.  Ohok, yaitu  orang berwajah jelek. Karena jelek maka ia lebih menyukai berkawan dengan buta. Dan  kalingkoet adalah hantu berwajah jelek. Mukanya mirip dengan wajah topeng ohok, hanya saja perbedaan yang menonjol adalah topeng kalingkoet hidungnya mirip belalai gajah, lubang hidungnya mengarah ke atas, lidah menjulur,  serta mempunyai taring yang juga mengarah ke atas.
Pada  suku Dayak Kendayan Penggunaan topeng menyertai acara tertentu yang lebih besar atau yang menjadi acara pokok. Oleh kerena itu penggunaan topeng mempunyai dua fungsi pokok. Yaitu, sebagai simbol kebesaran acara yang digelar dan dapat juga sebagai tuntutan atau kekecewaan atas acara yang digelar.

Setiap jenis topeng mempunyai peran dan perlakuan yang berbeda.
  1.Topeng buta. Rahangnya berbentuk segi empat dan menyerupai struktur rahang babi atau rusa. Topeng ini diletakan di depan wajah penggunanya, rahangnya dapat menganga dan menutup. Seluruh tubuh penggunanya dibungkus dengan ranting dan dedaunan yang halus. Fungsinya meminta hadiah dari pemilik acara. Pemilik acara wajib menyerahkan pemberian kepada topeng buta ini. Pemberian itu sudah disatandarkan berupa nasi dua bungkus, lauk pauk dua bungkus, ayam hidup 1 ekor yang beratnya kira-kira 0,5 kg. Serta makanan lain yang disajikan dalam pesta itu sebanyak satu bungkus. Oleh karena kedua tangan pengguna topeng buta ini dipergunakan untuk memainkan gerakan topeng, maka topeng buta didampingi oleh topeng ohok. Jadi, topeng ohok berperan sebagai pembantu topeng buta untuk menerima dan membawa hadiah.
  2.Topeng ohok. Penggunaan topeng ohok seperti penggunaan masker, pakian penggunaanya berupa kain yang sudah compang-camping atau bisa juga dari karung bekas.
  3.Jenis topeng yang lainya adalah topeng kalingkoet. Topeng kalingkoet selalu bekerja sendiri. Cara memakainya dan model pakaiannya  sama dengan topeng ohok. Hadiahnya berupa nasi satu bungkus, lauk-pauk satu bungkus, dan daging babi serta daging ayam mentah masing-masing satu bungkus. Topeng kalingkoet ini selama beraksi boleh meminta pada pengunjung acara berupa rokok, uang seikhlasnya, atau maknan ringan. Acara menopeng biasanya semalam penuh, keesokan harinya baru mereka menerima hadiah. Lalu apa sanksinya kalau mereka tidak diberi hadiah? Orang-orang Dayak kendayan berkeyakinan bahwa apabila topeng-topeng itu tidak diberi hadiah sebagaimana mestinya, maka pemilik acara atau gawai akan jatuh miskin, menderita sengsara untuk selama-lamanya. Disinilah letak sakralitas topeng bagi orang-orang dayak.
2.Topeng Bali

Keberadaan topeng dalam masyarakat Bali berkaitan erat dengan upacara keagamaan Hindu, karena kesenian luluh dalam agama dan masyarakat. Sebagai sebuah tradisi yang kental dengan nuansa ritual magis, umumnya yang ditampilkan di tengah masyarakat adalah seni yang disakralkan. Tuah dari topeng yang merepresentasikan dewa-dewa dipercaya mampu menganugrahkan ketenteraman dan keselamatan.
3.Topeng Madura

Biasanya digunakan untuk pentas kesenian topeng dalang, yaitu kesenian topeng yang dalam memerankan suatu cerita,penarinya tidak berbicara, dialog dilakukan oleh dalangnya, ceritera yang dibawakan adalah ceritera Ramayanan dan Mahabarata.
4.Topeng Malang

Biasanya digunakan untuk mementaskan cerita panji, yaitu suatu ceritera mengisahkan perjalanan raden panji Inu Kertopati (putra mahkota Jenggaa) saat mencari kekasaihnya yang bernama Dewi Sekartajai (putri kediri)
4.Topeng Dongkrek

Kesenian topeng khas Madiun ini biasanya digunakan untuk meramiakan pawai (arak-arakan), penarinya melakukan tarian bebas sambil berjalan mengikuti arus pawai gerak tarinya disesuaikan dengan macam topeng yang dipakai.





riot's blog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berilah komentar jika anda berkesan/tidak berkesan