Minggu, 05 Juni 2011

Fakta Tentang Cokelat

Dapat dipastikan bahwa semua orang di Indonesia mengenal cokelat. Namun, tidak sedikit masyarakat Indonesia yang buta mengenai fakta tentang cokelat. Padahal jika fakta – fakta tersebut diketahui, cokelat dapat dimanfaatkan dengan optimal.

Berikut beberapa fakta tentang cokelat :
  1. Pohon cokelat pertama kali diolah oleh suku Maya.
  2. Zat terbanyak yang terkandung dalam cokelat adalah theobromine. Zat ini dapat menstimulasikan jaringan syaraf  dan jantung yang membuat tubuh terjaga dan bersemangat. Theobromine juga dapat meredakan batuk.
  3. Cokelat mengandung phenylethilamine yang berfungsi membantu penyerapan dalam otak dan menghasilkan dopamine yang akan menyebabkan perasaan gembira, meningkatkan rasa tertarikdan dapat menimbulkan perasaan jatuh cinta.
  4. Cokelat memiliki kandungan antioksidan yang lebih banyak dari the hijau.
  5. Cokelat mengandung fenol yang dapat mengurangi kolesterol pada darah sehingga dapat mengurangi resiko terkena serangan jantung, mencegah timbulnya kanker dalam tubuh, serta mencegah terjadinya stroke dan darah tinggi.
  6. Kandungan lemak dalam cokelat kualitas tinggi terbukti bebas kolesterol dan tidak menyumbat pembuluh darah.
  7. Cokelat dapat mengurangi efek penyakit menular seksual pada wanita karena mengandung magnesium yang tinngi.
  8. Cokelat mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E, zat besi, kalium dan kalsium.
  9. Cokelat dapat mencegak penuaan dini karena mengandung antioksidan dan katekin.
  10. Jika kita termasuk orang yang gampang stress, gampang kehilangan mood, salah satu solusinya adalah makan cokelat. Menurut Becker dari John Hopkins, memakan satu porsi cokelat setiap hari dapat meningkatkan mooddan aktifitas fisik. Hal ini disebabkan cokelat memicuproduksi endorphin, hormone yang memberikan rasa rileks. Cokelat hitam juga meningkatkan kesehatan jantung dengan efek mencegah pembekuan darah dalam pembuluh. Sebuah penelitian di Belanda mengungkapkan, makan 1/3 bagian cokelat setiap hari menurunkan tekanan darah dan menurunkan resiko munculnya penyakit jantung.
  11. Hindari makan produk cokelat yang memiliki kandungan gula tinggi, tapi pilih lah yang mengandung biji cokelat atau kakao yang tinggi. Semakin tinggi kandungan biji cokelatnya maka akan semakin bermanfaat cokelat tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berilah komentar jika anda berkesan/tidak berkesan